Minggu, 22 Juni 2008

PRAKTEK MANASIK SANTRI TPA DAN TKA BAITUL HIKMAH


Santri TPA dan TKA Baitul Hikmah telah mengadakan praktek manasik di Pemondokan Haji Pondok Gede Jakarta Timur dibimbing oleh Pimpinan TPA dan TKA dan para guru. Setelah itu melakukan kunjungan ke Kota Wisata Kampung China Cibubur.
Pelatihan semacam ini menjadi bagian dari program tahunan bagi santri agar dapat merasakan dan menjiwai pesan-pesan agama lewat praktek. Karena tentang shalat lima waktu mereka mempraktekkannya setiap hari Jum'at. Jadi mata pelajaran bagi para satri, baik TPA mapun TKA adalah lebih mengarah pada optimalisasi afektif dan psikomotoriknya. Bukan aspek kognitifnya. Para orang tua sering sekali keliru dalam melihat aspek ini. Mereka suka protes ketika anaknya belum bisa ini-itu yang ada hubungannya dengan 'otak'. Sebenarnya sikap itu keliru. Yang terpenting bagi anak adalah bgaimana menciptakan rasa pede, berani, percaya diri yang baik, dan lain-lain, walaupun itu melalui permainan.
Santri TPA dan TKA yang dikelola oleh Yayasan Kaf-Ha ini memang lebih menekankan aspek afektif dan psikomotorik para santri dulu, baru kemudian aspek kognitif secara pertahap.

Tidak ada komentar: