Minggu, 22 Juni 2008

UMRAH


Gambar disamping adalah photo di Padang Arafah, dengan latar belakang Jabal Rahmah (Bukit Kasih Sayang). Gambar ini diabadikan ketika melaksanakan umrah bersama Yayasan Al-Kitab Wal Hikmah (KAF-HA). Nampak beberapa jamaah sedang beraksi di depan camera dengan berbagai gaya.
Jabal Rahmah merupakan tempat suci (tanah haram) yang menjadi sentral dalam pelaksaan haji. Karena wukuf yang merupakan rukun haji tidak sah kecuali harus berada di tempat suci ini, walaupun mereka dalam keadaan sakit ataupun lumpuh dan sedang diopname. Karena tanpa berada di Padang Arafah, maka hajinya tidak lengkap alias harus mengulang pada tahun berikutnya.
Kisah, kenapa tempat ini dinamakan Arafah adalah karena tempatnya berjumpa kakek kita Adam dan Hawa. Arafah sendiri secara etimologis maknanya adalah tahu atau mengetahui. Bahwa antara Nabi Adam dan Hawa sudah saling kenal satu sama lain. Kedua, tempat ini menjadi tempat manasik haji karena dari sisi sejarah dengan pertemuan 'antara dua kekasih' yaitu Adam dan Hawa, juga dijadikan pertemuan antara dua kekasih yaitu antara makhluk dengan Khalik. Seorang hamba yang sedang merindukan kekasihnya (Allah) dapat mewujud di tempat suci ini.

Tidak ada komentar: