Sabtu, 21 Juni 2008

YAYASAN AL-KITAB WAL HIKMAH

Yayasan Al-Kitab Wal Hikmah, disingkat menjadi Yayasan Kaf-Ha, adalah sebuah Yayasan Sosial nirlaba yang mengelola Pendidikan Taman Al-Qur'an (TPA) Baitul Hikmah dan Taman-Taman Kanak-Kanank Al-Qur'an (TKA) Baitul Hikmah.

Nama Yayasan ini terambil dari ayat suci Al-Qur'an yang berbicara tentang misi para Nabi Alaihumussalam, mengajarkan Al-Kitab dan Al-hikmah. Al-Kitab adalah kebenaran berdasarkan wahyu, sedangkan Al-Hikmah adalah kebenaran berdasarkan nalar dan rasio. Kedua kebenaran ini terbimbing oleh spirit ketuhanan, karena kedua intrumen tersebut terdapat dalam diri manusia dan alam semesta.

Sedangkan nama 'Baitul Hikmah' diambil dari nama lembaga perguruan bergengsi yang didirikan oleh Khalifah Al-Ma'mun bin Harun Ar-Rasyid, dari Dinasti Abbasiyah. Dengan lembaga pendidikan tersebut Islam kemudian mencapai zaman keemasan (Golden Age), sebuah zaman pencapaian perdaban yang sangat gemilang.

Tayammunan dengan kedua nama yang dijelaskan diatas semoga Yayasan dan Lembaga Pendidikannya yang dimulai dari sebuah garasi rumah sederhana menjadi cikal bakal Lembaga Pendidikan yang bergengsi pula, dan lembaga ini mempunyai cita-cita dapat mewujudkan Lembaga boarding School yang integral dan terpadu sehingga bisa mengikuti arus perkembangan zaman yang semakin global dan akselerasi tinggi dengan tidak ketinggalan dalam keilmuan keislaman, sesuai dengan namanya yaitu 'Al-Kitab' dan 'Al-Hikmah'.

Tidak ada komentar: